Halo blogger sekawan, hari ini saya akan membahas tentang
teknik search engine optimization atau yang
sering kita panggil dengan sebutan SEO, SEO
secara general bertujuan untuk meningkatkan kualitas blog atau website agar
lebih mudah di index oleh browser dalam segala aspek, baik itu secara tampilan
dan juga konten yang terdapat pada website tersebut,
lalu bagaimana website atau blog yang dapat kita sebut mudah untuk di index
browser?, mari kita bahas satu per satu.
SEO secara On-Page
On-Page Optimization adalah proses untuk membuat blog atau
situs search engine friendly, menggunakan source code yang rapih, dan
menggunakan theme webpage yang tepat yaitu dengan memasang keyword specific dan menghubungkan komponen-komponen
seperti tag, anchor text, keyword dsb. dalam suatu website.
Faktor-faktor yang mempengaruhi SEO On-Page:
- v Ukuran Halaman
- v Tag Judul
- v Tag Deskripsi
- v Anchor Text
- v Keyword
- v Unique Non-Spammy Content
- v Outbound Links
- v struktur Internal Link
- v Kode Nvigasi
- v HTML or CSS Validation
- v CSS and Javascript
SEO secara Off-Page
Website yang paling di sukai oleh banyak browser terkenal
seperti google dan yang lainnya adalah website yang memiliki link yang
berkualitas, konten yang
unik dan relefan. Proses SEO Off-Page ini cukup memakan waktu,
tergantung ke aktifan kawan blogger sekawan dalam membuat kontent dan membangun link yang berkualitas.
beberapa strategi link building yang sering di lakukan oleh
para blogger dan web master adalah:
- Optimasi Anchor Text
- .GOV .EDU .ORG Link Campaign
- Menganalisa Competitor Link
- Social Book marketing
- Press Release Optimization
- Article Optimization
- Blog Promotion
- Classified Ads
- Link Tracking and Monitoring
- Anchor Text and Link Saturation Reports
Teknik-teknik diatas sangat wajib di terapkan agar kita
masuk 10 besar, setelah kawan blogger membuat browser seperti Google puas, kita
akan masuk ke settingan (3) keyword selanjutnya.
Kita dapat fokus kepada 3 keywords pertama yang kita pilih, setelah 3
keyword tersebut kawan semua sudah kuasai, kawan boleh membangun proses pada
keyword yang lainnya. Ingat ketika kita tidak menjalankan rencana untuk membangun
link yang kuat, kita akan gagal untuk mendapat tempat di halaman pertama.
Call to Action
Marketing (CTA) dan Conversion Optimization
Secara sederhananya, kawan semua menjadi
seorang guide bagi para pembaca kawan, dan kawan merubah mereka menjadi
penyebar pada orang lain bahwa kawan adalah seorang guide yang hebat (they lead
others to you), bagaimana caranya?
- v Kawan harus mengerti Customer atau pengunjung blog kawan
- v Untuk mengerti Customer kawan, kawan harus menganalisa kebiasaan visitor kawan.
Dengan kata lain, kawan mengarahkan traffic (visitor) ke
website kawan, visitor mengarahkan orang lain ke website kawan. Lalu langkah
selanjutnya adalah menjadikan visitor sebagai pengunjung tetap blog atau
website kita.
Social Media
Optimization (SMO) / Social Media
Marketing
Optimasi secara Social Media ini bertujuan untuk menarik unique visitor ke web content
Ada dua kategori pada metode SMO:
- Bagian widget atau tool yang berhubungan dengan konten yang kita miliki, seperti: RSS feeds, social news dan tombol sharing, tools untuk memberi rating dan polling, dan tools dari pihak ke tiga seperti gambar dan video.
- Aktivitas promosi di social media dari konten yang ingin di publikasikan, seperti: blogging, berkomentar di blog yang lain, berpartisipasi pada diskusi grup, dan mengupdate posting pada jejaring sosial seperti twitter dan lain sebagainya.
SMO ini adalah salah satu teknik viral marketing dimana
berita dari mulut ke mulut terjadi, bukan dari teman ke teman melainkan lewat
penggunaan social media.
Lima rules untuk memancing SMO adalah:
- Tingkatkan kemampuan link building kawan
- Membuat tagging dan bookmarking lebih mudah.
- Reward inbound links
- Permudah penjelajahan konten
- Encourage the mash up
- Selalu berhubungan dengan komunitas yang kawan masuki
Webstie Branding
Webstie Branding berguna untuk memikat visitor yang lebih spesifik secara efektif, ada berbagai
cara untuk melakukan Webstie Branding ini baik berbayar maupun gratisan,
terserah kawan blogger mau pilih yang mana.
Bagaimana Online Website Branding Bekerja:
- Visual Impact-Web Design and Development, sederhananya setiap hal yang berhubungan dengan tampilan(sperti: tema, warna, logo dll.) cocok.
- Internet Advertising(iklan)-menjangkau calon visitor lewat google PPC, Banner Advertising, dan iklan text link.
- Internet Marketing-Untuk membuat brand lebih popluler lewat top search engine ranking untuk keyword tertentu menggunakan SEO
Innovation through
Analytics
Who – What – Why – When – Where
sangat penting untuk mereview setiap data inti pada setiap
bulannya seperti kontent apa yang paling sering di lihat oleh pengunjung, dari
mana trafic berasal dan improvisasi apa yang dapat membuat blog anda lebih dikenal orang.
Semoga bermanfaat bagi kawan blogger sekalian, tunggu update selanjutnya ya ~ :D
image source: http://inspirably.com/uploads/user/461-seo-is-just-the-way-you-are.png
Semoga bermanfaat bagi kawan blogger sekalian, tunggu update selanjutnya ya ~ :D
image source: http://inspirably.com/uploads/user/461-seo-is-just-the-way-you-are.png






Oke pa willy, tks ya untuk ilmunya ttg SEO semoga bermanfaat untuk banyak
BalasHapuspengguna internet.Saya pun sangat tertarik untuk tambahan ilmu khususnya
ttg SEO.
Tks dari Chepy bergmann pemilik situ
www.peluangusahauangotomatis.blogspot.com